Kandungan dan Komposisi Liquid Vapor

Kandungan dan komposisi liquid vapor. Liquid atau biasa disebut juga E-juice merupakan sebuah cairan yang digunakan pada vapor (rokok elektrik) yang di ubah menjadi uap ketika di firing. Rasa dari liquid ini sangat bermacam-macam. Jadi anda tinggal memilih rasa yang anda suka. Seperti strawbery, mangga, nanas, susu, jeruk, apel, pisang, coklat, kopi, honetdew, maupun dari perpaduan rasa-rasa tadi.

Dalam artikel ini Vapor Terbaik tidak akan membahas tentang resep liquid premium, cara membuat liquid, takaran membuat liquid itu berapa? karena saya bukanlah brewer. Saya disini hanya membagikan secara umum saja tentang kandungan-kandungan yang terdapat di dalam liquid tersebut.
 
Kandungan dan Komposisi Liquid Vapor

Liquid yang umum digunakan biasanya mempunyai komposisi VG 60% dan PG 40% atau VG 70% dan PG 30%. Semakin banyak kandungan VG nya maka uap yang dihasilkan semakin banyak. Untuk kadar nikotinnya itu berbeda-beda. Ada yang 0 nikotin, 3 MG bahkan 6 MG. Secara umum kandungan liquid terdiri dari 4 bahan utama, yaitu:

1. PG : Propylene Glycol
Propilen Glikol adalah salah satu senyawa turunan dari propilen yang mempunyai rumus kimia C3H8O2 dan mempunyai nama komersial Propylene Glycol Industrial (PGI) dan Propylene Glycol USP (PG USP), sedangkan nama IUPAC dari senyawa ini adalah 1,2-Propanediol. Senyawa ini mempunyai sifat jernih, cair, kental, sedikit berbau, sedikit pahit, dan memiliki tekanan uap rendah (Kirk Othmer, 2004). Propilen Glikol dapat digunakan sebagai bahan baku resin poliester tak jenuh, pelarut dalam industri makanan, bahan pelembab pada industri kosmetik, campuran obat, serta sebagai plastisizer dan antifreeze. Artinya PG sendiri pun aman untuk di-inhale. Rasio PG juga memberikan sensasi sedikit Throat Hit. Sangat disarankan menggunakan pharmaceutical grade.

2. VG : Vegetable Glycerin
VG ini sifatnya kental, Manis, tidak bau dan bersifat non-toxin. VG (Vegetable Glycerin/ gliserin nabati) sama halnya dengan PG. VG sudah dinyatakan aman. Rasio dari ukuran VG berpengaruh pada rasa manis dan ketebalan uap air, dan kekentalan liquid. VG dapat menyerap air sehingga membuat tenggorokan cepat kering. Apabila liquid ditaruh tempat lembap dan dalam keadaan terekspos bisa jadi menyerap air dan memicu pertumbuhan bakteri sehingga membuat apek. Sangat disarankan menggunakan pharmaceutical grade

3. Perasa

Bahan yang ketiga adalah perasa. Perasa sendiri kategorinya ada essence dan flavoring. Sebagian ada concentrate ada yang bukan concentrate. Concentrate menurut saya pemakaiannya mulai dari 0.5% sampai dengan maksimal 3 % .
  •  Essence :
Essence ini hanya menimbulkan bau bukan rasa. untuk penggunaan essence dalam liquid sebenarnya bisa dibilang masih kurang efektif. Bahkan essence memiliki aftertase pahit. Jadi dalam membuat liquid yang enak menggunakan essence masih diperlukan pemanis, modifier rasa, dan lain sebagainya. Memang, essence lebih murah. Tapi kalo belanjanya banyak kan sama aja mahal jatuhnya. Blm lagi kudu ngilangin rasa pahitnya dengan tutup sana sini pake ini itu. Bisa dibilang essence tidak cocok untuk membuat liquid. Contoh essence : DIVA, Toffieco, koepoe-koepoe, Scentium (Bahan LIQUA), Jouest made, KH Roberts, dll. Bisa dibilang keberhasilan membuat liquid enak menggunakan essence hanya 20%. 
  • Flavoring :
Berbeda dengan essense, flavoring ini dia sudah ada rasanya. Bahkan dari beberapa pabrik sudah ditambahkan hint rasa tertentu. Contohnya TFA Fruity Loops sudah ditambahkan hint lemon. Contoh flavoring : TFA (Sebagian concentrate, Flavour Art (Concentrate), Capella (Sebagian Concentrate), INAWERA (Concentrate), Flavor West, THINK flavoring (Concentrate) dll.
Baca juga: Cara memperbanyak uap vapor

4. Nicotine
Nikotin(C10H14N2) merupakan senyawa organic alkaloid, yang umumnya terdiri dari Karbon, Hydrogen, Nitrogen dan terkadang juga Oksigen. Senyawa kimia alkaloid ini memiliki efek kuat dan bersifat stimulant terhadap tubuh manusia. Contoh lain dari senyawa alkaloid ini misalnya, Kafein. Bagi pencinta kopi, tentu bisa merasakan efek stimulant dari kafein ini ketika meminum kopi.

Untuk anda yang ingin mencoba membuat liquid sendiri, anda bisa melihat resep-resepnya di www.e-liquid-recipes.com . Di website tersebut banyak sekali resep-resep liquid premium yang enak.

Sumber: E-book FROM ZERO TO HERO karya haekal abdullah alchatib dengan editing seperlunya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat Halaman Login Hotspot Berbeda pada 1 Mikrotik

UltraISO Premium Edition v9.5.3

Arti OSAKMJ